Apakah Meninggal saat Sa’i Harus Bayar Denda?

Umroh merupakan salah satu perjalanan yang paling dicita-citakan seluruh umat muslim di dunia. Saat itu pun umat muslim dapat beribadah dan bersujud dengan khusyuk di rumah Allah. Menjadi salah satu bagian dari hamba allah swt bisa mendapatkan kesempatan melaksanakan rukun islam ke-5 merupakan suatu karunia dan kebanggaan bagi umat muslim diseluruh dunia. Dalam melaksanakan ibadah umroh kita perlu menyiapkan keperluan fisik,mental, dan perlengkapan umroh wanita yang sangat baik.

Saat melaksanakan ibadah haji dan umroh, tidak dapat dipungkiri terkadang ada ibadah haji maupun umroh kadang tidak dilaksanakan. Dan oleh sebab itu kadang jamaah haji dan umroh harus membayar dam atau denda. Contohnya, dam juga memiliki tingkatan tersendiri bagi pelanggarannya. Jika orang yang membunuh binatang buruan di tanah haram, pembayaran dam dalam masalah ini dengan cara menyembelih binatang yang sama atau serupa atau bersedekah makanan kepada fakir miskin sebanyak binatang yang terbunuh atau berpusa dengan hitungan untuk 600 gram berat binatang tersebut maka diwajibkan puasa satu hari. Terkadang ada juga jamaah umroh yang meninggal saat melaksanakan Sa’i. Apakah orang yang menginggal saat melaksanakan Sa’i harus membayar dam atau denda?

Hukumnya tidak wajib, karena jika meninggal ketika sedang melaksanakan ibadah haji, maka menurut Qaul Jadid ibadah (haji) yang telah dilakukan menjadi batal kecuali pahalanya, dan wajib menghajikannya dengan harta tinggalan mayit jika masih tetap dalam tanggungannya. Kecuali sebelum meninggal dia pernah melanggar larangan haji dan umroh dan larangan bagi orang yang ihram, baru ahli warisnya yang membayar dam atau denda.

Demikian penjelasan tentang Apakah Meninggal saat Sa’i Harus Bayar Denda?. Jangan lupa saat mekaksanakan ibadah umroh anda harus membawa perlengkapan umroh wanita yang cukup. Sekian artikel yang saya buat kalau ada kurang lebihnya mohon maaf.

Referensi :

https://m.liputan6.com/haji/read/4008555/denda-denda-yang-harus-dibayarkan-saat-melanggar-wajib-haji

http://www.piss-ktb.com/2014/09/3534-haji-meninggal-saat-sai-wajibkah.html?m=1

https://id.quora.com/Apakah-orang-yang-meninggal-ketika-sai-wajib-membayar-dam-denda-haji

Jika Anda yang ingin membeli perlengkapan umroh wanita agar lebih praktis dan efisien Anda bisa membelinya di Zaidan Mall. Disana menjual banyak perlengkapan umroh wanita dan perlengkapan haji. Kunjungi Zaidan Mall di https://jualperlengkapanumroh.com, www.zaidanmall.com atau Anda juga bisa langsung kunjungi di homepage website kami.

Membutuhkan bantuan ? Kontak kami di sini.

Kami selalu siap membantu anda. Segera hubungi kami bila anda ada masalah.

Customer Support 0

Qumil

Online

Qumil

Assalamu'alaikum, ada yg dapat saya bantu ? 00.00